Beralih Ke Teknologi, Pemira FEB Undip 2019 Gunakan E-Vote

Reporter: Cinka, Marsha

Sosialisasi Penggunaan E-Vote untuk Pemira FEB 2019

FEB (8/11) – Pemilihan Raya (Pemira) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) 2019 gunakan sistem baru dalam pemungutan suaranya. Hal ini disampaikan dalam acara Sosialisasi Juknis E-Vote bertempat di Gedung PKM lantai 2 pada pukul 15.00 WIB. Meskipun sempat disampaikan mengenai petunjuk teknis (juknis) Pemira beberapa waktu yang lalu, berkenaan dengan adanya sistem pemungutan suara yang baru, juknis ini pun ikut diperbaharui.

Ketua Panlih Pemira FEB Undip, Daffa, menyampaikan bahwa sistem pemungutan bagi calon pemimpin di FEB tidak lagi menggunakan kertas, namun dari pihak panitia pemira akan menyediakan laptop sebagai alat untuk memilih (e-vote). Sistem e-vote akan terhubung dengan laman web pemirafebundip.id dan melaui laman tersebut pemilih dapat melakukan voting untuk calon pilihannya. Namun, sistem ini masih hanya akan berjalan untuk pemilihan ketua himpunan dan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang berada di lingkungan FEB saja. Selanjutnya, untuk pemilihan ketua BEM Undip, masih akan menggunakan sistem yang sama dengan tahun lalu, yakni melalui pencoblosan surat suara. Sementara untuk perhitungan suara akan dilaksanakan setelah hari pemilihan serentak.

Mengantisipasi masalah  teknis yang mungkin terjadi, panlih sudah memastikan  bahwa koneksi jaringan di website sudah aman dan pemilih tidak perlu takut akan terjadi server down ataupun website terkena hack. “Untuk masalah seperti website yang down dan website yang terkena hack, pemilih tidak perlu khawatir karena kami sudah bekerja sama dengan senat, himpunan, dan ahli pembuat website jadi hal-hal tersebut tidak mungkin terjadi,” ujar Daffa. Selain itu, untuk mengatasi human error pada hari pelaksanaan pemira, panlih akan menyediakan petugas teknis yang akan membantu pemilih yang masih bingung mengenai tata cara pemilihan. Panlih juga menempelkan poster di bilik pemilihan yang berisi tata cara pemilihan sehingga akan memudahkan pemilih. 

Sosialisasi ini ditutup dengan penandatanganan pakta integritas oleh admin dari masing-masing departemen di FEB Undip. Para admin dari masing-masing departemen bertugas untuk membantu panlih dalam  memverifikasi data, dengan wewenang yang diberikan kepada setiap admin, panlih berharap agar para admin tidak berbuat sewenang-wenang seperti menyelewengkan data. Informasi yang lebih jelas mengenai tata cara e-vote dan juknis terbaru, panlih akan mengupdate informasi-informasi tersebut di Official Account (OA) Pemira FEB Undip, sehingga diharapkan para pemilih dapat lebih paham mengenai juknis dan kebijakan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *