Kenali Calon Tunggal Ketua HMD IESP Melalui Mimbar Bebas

Mimbar Bebas HMD IESP di Hall Gedung C FEB Undip

Reporter: Kurnia, Amadea, Suci

FEB (11/11) — Bertempat di Hall Gedung C Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip), telah berlangsung acara Mimbar Bebas Suksesi 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Ilmu Studi Ekonomi dan Pembangunan (IESP). Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mengenal lebih jauh Calon Ketua HMD IESP, yakni M. Haqi Nazili. Haqi merupakan Calon Tunggal Ketua HMD IESP dengan nomor urut satu yang akan melawan kotak kosong dengan nomor urut dua. Melalui acara ini, Haqi menyampaikan visi, misi, serta program yang ingin Haqi bawa untuk memajukan HMD IESP selama periode ke depannya.


Acara ini dihadiri oleh Evi Yulia Purwanti selaku Sekretaris Departemen IESP. Selain itu, juga terdapat tiga panelis yakni Indrayana Girindra Putra, Muhammad Syukron Ma’mun, dan Muhammad Ciro Danuza.


Evi, dalam sambutannya, berpesan kepada Haqi untuk memberikan kaderisasi yang bagus, baik di bidang akademik maupun pengelolaan. Diharapkan di suksesi tahun depan, mahasiswa IESP semakin tertarik untuk menjadi ketua HMD IESP. “Pesan saya, kaderisasi untuk adik kelasnya, sehingga tahun besok itu peminatnya banyak, tidak melawan kotak kosong, begitu ya. Dan tentunya bagi teman-teman yang lainnya tolong partisipasi aktif dalam pemilihan ini. Kalau Anda tidak mau memilih Haqi, Anda memilih kotak kosong, mengapa Anda tidak mencalonkan diri Anda?” pesan Evi.


Setelah Evi selesai menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua HMD IESP periode 2018/2019 dan sambutan dari ketua pelaksana rangkaian suksesi tahun 2019. Lalu, Haqi dipersilakan untuk menyampaikan Grand Design Organisasi (GDO) yang berisi visi, misi, dan program-program yang ingin dia bawa untuk satu tahun kepengurusan.

Visi dari Haqi yaitu menjadikan HMD IESP sebagai mitra strategis untuk seluruh anggota HMD IESP dan Departemen IESP demi tercapainya visi misi dari HMD IESP itu sendiri. Misinya untuk meningkatkan kualitas seluruh anggota HMD IESP di bidang akademis maupun non-akademis demi tercapainya mutu HMD IESP yang lebih baik. Kedua, menciptakan sistem kerja yang professional dengan menjaga nilai kekeluargaan sejalan dengan berjalannya program organisasi. Ketiga, menjalin hubungan dengan stakeholder guna tercapainya hubungan kerja sama yang harmonis, yang nantinya hasilnya akan dirasakan bersama. Keempat, berperan aktif dalam mewadahi seluruh aspirasi dari mahasiswa IESP yang nantinya akan disampaikan kepada pihak yang berwenang. Kelima, memperbaiki sistem kaderisasi yang berpedoman pada Tri Dharma perguruan tinggi serta menanamkan nilai-nilai luhur pada setiap individu.


Untuk nilai organisasi, Haqi akan membawa nilai profesionalitas dan kekeluargaan. Profesionalitas berkaitan dengan aturan organisasi di mana setiap anggota harus tunduk pada aturan tersebut. Sedangkan kekeluargaan merujuk pada hubungan antar anggota yang berpengaruh pada kenyaman anggota dalam menjalankan amanahnya dalam organisasi. Diharapkan, kedua nilai tersebut dapat berjalan secara bersamaan.


Setelah Haqi selesai memaparkan GDO-nya, dibuka lah sesi tanya jawab. Sesi pertama tanya jawab diperuntukkan untuk panelis. Sedangkan sesi kedua diperuntukkan untuk lima audiens. Dalam sesi ini, antusiasme audiens sangat tinggi, tetapi sayangnya tidak semua pertanyaan-pertanyaan audiens terakomodasi karena keterbatasan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *