Sejarah

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edents Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro lahir pada tanggal 8 Mei 1976. Berusia 43 tahun pada tahun ini (2019), menjadikan Edents sebagai salah satu Lembaga Pers Mahasiswa tertua se-Jawa Tengah. Edents juga merupakan organisasi mahasiswa di FEB yang pertama kali berdiri setelah Badan Eksekutif Mahasiswa dan Senat Mahasiswa. Lebih dari empat dasawarsa yang lalu, produk Edents hanya berupa kumpulan tulisan pendek seputar masalah ekonomi yang dikemas dalam satu cetakan sederhana.

Lahirnya Edents merupakan hasil dari pemikiran mengenai suatu media yang dinilai dapat mewadahi aspirasi mahasiswa FEB. Sosok di balik berdirinya Edents adalah Alm. Syafrudin, Apang Suryaningrum dan Joko Suroso. Nama Edents (Economic Students) terinspirasi dari nama sekolompok kalangan eksekutif mahasiswa FEB dengan menempati salah satu ruang di FEB yang kala itu masih berada di Jalan Bodjong (sekarang Jalan Pemuda).

Pada awal berdiri, Edents memiliki masa-masa sulit selama dua tahun, namun kehadiran Sasongko Tedjo (Peminpin Redaksi Suara Merdeka saat ini) memberikan nafas baru bagi Edents yang tengah mati suri. Kini, di usianya yang ke-43 tahun, Edents telah menghasilkan berbagai produk seperti majalah, koran, buletin, berita online, infografis, Edents TV, dan buku Seri Pemikiran Mahasiswa (SPM). Edents telah melahirkan nama-nama besar seperti Sasongko Tedjo yang saat ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Suara Merdeka, Enny Sri Hartati yang tengah menjabat sebagai Direktur Institute of Development of Economics and Finance (INDEF), Erwin Haryono yang menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di New York, dan masih banyak nama lagi.

Pada usianya yang terus bertambah, Edents selalu berusaha agar mampu menjadi lembaga pers mahasiswa yang independen dan kredibel. Kami berkomitmen untuk selalu memberitakan fakta dan terus melakukan kontrol sosial guna mewujudkan keseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat. Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para pembaca setia yang selalu menunggu produk-produk kami. Kritik dan saran selalu kami tunggu untuk LPM Edents yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *