Mengenal Lebih Dekat Calon Ketua Himpunan Ekonomi Islam Nomor Urut Tiga, Yusuf Sufyan

Reporter: Aditya, Dwi Ratna

Yusuf Sufyan, Calon Ketua Himpunan Ekonomi Islam Nomor Urut Tiga

Apa latar belakang Anda mencalonkan diri sebagai ketua himpunan?


Latar belakangnya ungkin saya sebenarnya tidak berkemauan untuk mencalonkan diri sebagai ketua himpunan. Akan tetapi, banyak orang yang memercayakannya ke saya bahwa saya itu bisa, dan saya mampu. Nah, saya disini tidak ingin seolah-olah bahwa himpunan yang membutuhkan saya.


Tetapi seperti dua sisi, himpunan membutuhkan saya tetapi saya membutuhkan himpunan, karena apa? Karena dengan saya nanti menjadi ketua himpunan tentunya saya akan mendapatkan banyak sekali pengalaman, banyak sekali sesuatu yang bakal saya dapat ketika saya nanti tidak menjadi pemimpin. Intinya pemimpin itu nanti akan mendapatkan lebih banyak porsinya daripada staff biasa atau kadep biasanya.


Apa visi misi yang Anda miliki?


Visinya adalah terwujudnya Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam 2002 yang aspiratif dalam meningkatkan prestasi akademik dan juga pelayanan kemahasiswaan guna mewujudkan mahasiswa Ekonomi Islam itu sendiri yang memiliki intelektual dan juga berakhlaqul karimah. Itu visinya.


Kemudian misinya yang pertama adalah membangun solidaritas internal guna mewujudkan fondasi organisasi sehingga tercipta kinerja kepengurusan yang efektif dan efisien. Itu yang pertama. Kedua adalah aktif dan responsif memberikan pelayanan kemahasiswaan kepada seluruh mahasiswa Ekonomi Islam. Ketiga adalah mewadahi, memfasilitasi, dan mengapresiasi pengembangan minat dan bakat keilmuan dan juga kajian serta peningkatan prestasi. Keempat adalah optimalisasi media massa sebagai sarana media komunikasi dan dakwah dan juga penyampaian informasi secara akurat. Kelima adalah meningkatkan ukhuwah yang baik dengan pihak eksternal yaitu Mizan dan Kelompok Studi Ekonomi Islam.


Apa langkah yang Anda lakukan untuk menggaet suara mahasiswa agar memilih Anda?


Langkah pertama adalah tentunya dengan adanya publikasi yang menarik dan juga dapat membuat orang itu penasaran dengan apa yang akan saya usung selama satu tahun kedepan. Yang pertama dari publikasi dan yang kedua adalah dari konten yang akan hadirkan sendiri untuk himpunan yaitu dari segi proker unggulan yang benar-benar inovatif yang bener-bener dibutuhkan sama anak-anak Ekis itu sendiri dimana dari proker-proker unggulan dari inovasi-inovasi yang ada orang bisa tertarik dan orang itu melihat dari gagasannya bukan dari orangnya.


Apa inovasi atau pembaharuan yang Anda bawa untuk satu tahun kedepan?


Inovasi dan juga pembaruan ini saya hadirkan terutama dibidang akademik dan juga pelayanan kemahasiswaan karena tujuan dari himpunan itu sendiri adalah untuk menghimpun masyarakat Ekonomi Islam dan juga meningkatkan prestasi akademik dan juga pelayanan kemahasiswaan sesuai dengan visiku tadi.


Nah, di akademik itu sendiri saya menghadirkan sesuatu yang baru contohnya itu modul Ekis yang belum ada di tahun sebelumnya. Kemudian ada juga pelatihan untuk mahasiswa Ekis yaitu sekolah mawapres, kemudian ada juga syariah beauty class, kemudian festival literasi. Jadi festival literasi ini tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa Ekis khususnya dibidang literasi. Literasi itu bisa membaca, menulis buat biografi dan lain-lain. Begitu.

Apa keunggulan Anda dibandingkkan dengan calon yang lain?


Mungkin saya disini mengungkapkan keunggulan itu kan tidak bisa melalui sifat gitu kan. Kalau sifat itukan nantinya terlalu subjektif, saya tidak bisa menilai sifatku secara subyektif. Jadi aku lebih menekankan menonjolkan keunggulan ini dari dari sesuatu yang dapat dilihat.


Keunggulan itu apa? Keunggulan itu saya selama satu tahun terakhir di HM saya sebagai sekretaris. Nah, sekretaris itukan masuk di BPH atau Badan Pengurus Harian. Jadi saya secara tidak langsung bisa mengetahui peran sosok ketua itu harusnya seperti apa. Karena saya melihat secara langsung ketua himpunan yang sekarang tuh orangnya seperti apa, mereka harus ngapain.


Kemudian apa yang harus, bagaimana cara mengambil keputusan oleh seorang ketua itu gimana. Karena saya berada di divisinya mereka dan juga deket juga sama ketua himpunan yang sekarang. Jadi saya banyak mendapatkan masukan dan juga arahan dari ketua himpunan yang sekarang dibandingkan calon lain, dimana calon lain itu berada di divisi PSDM dan saya di divisi BPH.


Ya sama menurutku saya memiliki apa namanyatingkat manajemen waktu yang lebih baik, karena apa? karena disini saya tidak cuma mengikuti himpunan saja, tetapi saya juga mengikuti kegiatan ormawa lain, yaitu LPM Edents itu sendiri dimana saya berusaha loyal di kedua organisasi tersebut. Di kedua organisasi tersebut, istilahnya saya mendapatkan penilaian yang baik tidak berat salah satu artiya 50 50.


Buktinya adalah di Edents saya juga pernah menjadi istilahnya staff terbaik of the month. Di HM juga pernah staff terbaik artinya saya bisa membagi antara kedua organisasi tersebut. Memanajemen kedua organisasi tersebut secara lumayan baik.


Kenapa mahasiswa Ekonomi Islam harus memilih Anda?


Ya kenapa mahasiswa Ekis harus memilih saya karena misiku sendiri itu adalah untuk meningkatkan prestasi akademik dan pelayanan kemahasiswaan yang dimana misiku itu saya hadirkan untuk memenuhi mereka kebutuhan anak-anak Ekis sendiri. Ketika mereka memilih saya, semoga diharapkan insya Allah kebutuhan mereka selama diperkuliahan itu bisa tertunjang dengan adanya pelayanan-pelayanan dibidang kemahasiswaan dan juga peningkatan prestasi akademik.


Apa harapan Anda untuk keberlangsungan suksesi himpunan kali ini?


Ya harapan untuk keberlangsungan suksesi kali ini, semoga masyarakat Ekis seluruh angkatan, angkatan 19, 18, 17, 16, dan angkatan-angkatan sebelumnya mau menggunakan hak suaranya, mau menggunakan hak pilihnya disuksesi pemilihan kali ini.


Jadi tingkat partisipasinya itu diharapkan dapat meningkat dari tahun lalu dimana tahun lalu sebenarnya sudah bagus tetapi tahun ini dapat lebih bagus dan semoga ya nantinya siapapun yang terpilih baik paslon 1, 2, 3 mampu diterima oleh seluruh masyarakat Ekis dan masyarakat Ekis itu sendiri mau menumbuhkan bergotong royong supaya kepemimpinan HMEI tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *