Lebih Dekat Dengan LKMMD FEB

Oleh: Aji Darmawan dan Alam Suprobo

FEB Undip (04/03) – Bertempat di Dome Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) pada pukul 15.30 telah dilaksanakan sosialisasi mengenai Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar (LKMMD). Sosialisasi ini diselenggarakan oleh panitia LKMMD tahun 2020 yang diketuai oleh Bahrul Ma’arif selaku mahasiswa Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) tahun 2018. Sosialisasi ini diadakan guna memberikan informasi lebih mengenai seleksi serta kegiatan yang terdapat pada LKMMD tahun 2020.

LKMMD tahun 2020 mengambil tema Dare to Care, Innovate, and Lead For Indonesian Betterment. Dengan tema tersebut, diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebu para peserta dapat berinovasi serta menjadi pemimpin untuk Indonesia yang lebih baik. LKMMD ini merupakan kegiatan kaderisasi lanjutan dari Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra Dasar (LKMMPD). Tujuan diadakannya kegiatan LKMMD yakni untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan organisasi secara profesional, meningkatkan kemampuan dalam memimpin, meningkatkan sikap kritis terhadap isu dan opini yang berkembang di publik, serta untuk menstimulasi mahasiswa dalam mengoptimalkan peran penting mahasiswa. Terdapat inovasi yang berbeda dengan tahun 2019 yakni pada LKMMD tahun 2020 terdapat spesialisasi seperti sekolah bidang, yaitu bidang-bidang yang dapat diikuti oleh peserta LKMMD sesuai dengan bidang yang dipilihnya saat mendaftar, selanjutnya terdapat juga sekolah politik mengenai pendidikan politik di kampus.

Untuk rangkaian acaranya dari tanggal 2 Maret sampai 6 Juni 2020 dengan timeline seleksinya yakni, 2-9 Maret open registration, 12 Maret pengumuman lolos berkas, 14-15 Maret wawancara, 22 Maret pengumuman lolos wawancara serta kegiatan LKMMD ini ditutup dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Untuk persentase kuota peserta dalam mengikuti LKMMD pada tahun 2020 yaitu sebesar 75% berasal dari mahasiswa FEB sendiri serta 25% berasal dari fakultas lain. Kemudian pendaftarannya dapat dilakukan secara online pada media sosial LKMMD FEB Undip 2020. Untuk berkas yang harus disiapkan oleh calon peserta LKMMD antara lain mengunduh formulir pendaftaran, membuat Curiculum Vitae (CV), melampirkan pas foto, scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), melampirkan scan surat telah mengikuti LKMMPD, scan transkip nilai, surat keterangan aktif organisasi, membuat Motivation Letter, serta mengupload foto dengan twibbon LKMMD 2020.

Pada dasarnya LKMMD FEB ini tak jauh berbeda dengan LKMMD fakultas lain di Undip, hanya saja kaderisasi ini lebih difokuskan pada peran mahasiswa FEB Undip sendiri. Kegiatan ini berlangsung sekitar 1,5 jam yang diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh perwakilan tiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FEB Undip yang menyempatkan hadir mengikuti sosialisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *