Grand Opening Research Sebagai Tonggak Awal Menjadi Seorang Mahasiswa Ideal

Reporter: Yusuf Sufyan

Grand Opening Research di Laboratorium Kewirausahaan FEB Undip

FEB (14/09) – Bertempat di Lab. KewirausahaanFEB Undip telah dilaksanakan sebuah kegiatan kaderisasi riset yang diselenggarakan oleh Bidang Riset dan Keilmuan BEM FEB Undip untuk seluruh mahasiwa baru angkatan 2019. Acara tersebut adalah Grand Opening Research (Goreh) yang pada tahun ini mengangkat tema “Upgrade Your Intellectuality Trough Research Activity”.

Materi pertama adalah mengenai sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) oleh Shoimatul Fitria selaku koordinator PKM-K FEB Undip. Dalam sosialisasi tersebut pemateri menjelaskan mengenai perkembangan medali emas yang diperoleh Undip diajang Pimnas sejak tahun 2010-2019. Pemateri juga me-review berapa jumlah PKM dari FEB yang ternyata masih kalah jauh dengan fakultas-fakultas lain seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Pemateri berharap bahwa untuk tahun yang mendatang FEB harus lebih banyak yang membuat PKM dan lolos pendanaan. Oleh karena itu beliau juga menjelaskan timeline penyusunan PKM untuk tahun 2020, dimana ketika ingin lolos PKMtingkat universitas dan bisa diunggah ke Kemenristekdikti maka mahasiswa wajib untuk mengikuti PIM Undip 2019. Dimana pedoman pembuatan PKM dapat melihat pada pedoman PKM 2018. Dalam penilaiannya, aspek pertama yang dinilai adalah kelengkapan dan kesesuaian administratif, tingkat kreatifitas serta inovasi atau kebaruan dari tahun sebelumnya. Sebelum menutup materi pertama, pemateri juga menjelaskan masing-masing karakteristik dari PKM 5 bidang (PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T dan PKM-KC), serta menghimbau mahasiswa baru untuk segera menetukan ingin membuat salah satu dari PKM tersebut

Materi kedua adalah tentang mahasiwa berprestasi, yang diisi oleh Azizah Fathma, seorang mahasiwi Ekonomi Islam angkatan 2016 yang merupakan Mawapres 3 FEB Undip dan juga peraih medali emas diajang Pimnas 2019. Dalam materi ini dijelaskan bahwa mahasiswa sangat perlu untuk meraih prestasi sebanyak mungkin untuk menjadi mahasiswa yang ideal. Dimana langkah-langkahnya adalah meluruskan niat, memiliki tekad yang kuat, mengenali personal diri, membuat target terstruktur, dan mengukir prestasi sebanyak-banyaknnya. Serta dijelaskan juga bagaimana tips dan trik untuk meraih mimpi-mimpi besar yang kita miliki yaitu dengan adanya good preparation, stay positive, find your mentor, try opporrtunities dan relation. Pemateri juga menjeaskan tiga komponen paing penting untuk menjadi serang mahasiswa yang ideal yaitu melakukan kegiatan research, memiliki jiwa entrepreuneur, dan memiliki jiwa leadership.

Materi ketiga atau materi terakhir adalah tentang bagaimana cara membuat proposal PKM, bagaimana cara supaya proposal PKM mendapatkan pendanaan dan bagaimana supaya PKM yang dibuat dapat lolos Pimnas. Dalam materi ini yang mengisi adalah Chariska Wauya dan rekan-rekannya, peraih medali emas dan perunggu di Pimnas 2019. Pemateri menjelaskan tentang teknis pembuatan proposal PKM, mulai dari awal menetukan ide, menulis proposal, konsultasi dengan dosen pembimbing, pengunggahan PKM ke Kemenristekdikti serta bagaimana suatu PKM dapat lolos Pimnas dan mendapatkan medali emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *